Mengenyahkan si (Kista) Bartholin

Ha! Ternyata butuh waktu 5 bulan untuk lanjutin cerita tentang si kista yang mengilukan itu!

Saya hampir lupa kalau saya “menjanjikan” diri sendiri untuk nulis pengalaman operasi ketiga saya sampai akhirnya saya buka blog lagi setelah hiatus selama berbulan-bulan. Part 1 bisa dibaca di sini.

Okay. Mari dilanjutkan.

Saya mulai operasi sekitar jam 11 siang dan selesai jam 2 siang. Karena ada riwayat alergi bius lokal di masa lalu, jadi saya dibius total. Bangun-bangun seperti operasi-operasi sebelumnya, saya mabuk berat. Mual-mual. Tapi, mungkin ini karena efek perut kosong karena puasa semalaman dan efek obat bius yang ngeselinnya suka bikin jackpot. Untungnya kali ini saya ngga sampe muntah-muntah kayak operasi sebelumnya. Tapi saya kelaparan parah. Jadinya, saya crancky abis ke semua suster dan terus nanya, “Saya kapan dikasih makan, suuuuuusss???”

Setelah meneror suster-suster, akhirnya saya dikasih makan juga sekitar jam 5 sore…

Menjalani operasi di organ-organ vital memang ngga pernah enak. Hari setelah operasi saya kayak orang abis lahiran aja. Duduk susah, jalan susah, nyeri di bagian lukanya amit-amit. Untung dikasih obat pereda nyeri, jadi lumayanlah. Selama di RS juga saya harus pakai pad sejenis pembalut melahirkan selama luka operasinya masih basah.

Nah, kali ini, pascaoperasi saya ternyata ngga berjalan mulus. Malam hari setelah operasi, saya demam. Paginya, setelah ditinggal suami kerja, saya menggigil parah dan suhu badan sampai di atas 38 derajat celsius. Yang ditakutkan saya ada komplikasi/infeksi. Akhirnya dosis antibiotik pun ditambah. Thanks God demamnya hanya berjalan satu hari, tapi itu justru yang bikin saya ngga dibolehin pulang sama obgyn saya. Yang tadinya rencana nginep di RS cuma dua hari, malah jadi lima hari! Uhuk, yang paling ngga bisa ya nahan kangen ke anak :(.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, si kista bartholin ini diapain sama si obgyn? Karena kista ini adalah tumor yang isinya cairan (dalam kasus saya udah jadi nanah), langkah utamanya adalah memecahkan si tumor dan mengeluarkan semua cairannya. Obgyn saya membuat bukaan di kelenjar bartholin agar nanahnya keluar semua. Jadi, bukan menutup, tapi justru membuat sayatan di kelenjar itu untuk tetap terbuka sampai kering dan sampai ngga ada nanah lagi di sana. Dalam beberapa hari, jahitan yg nahan bukaan itu akan lepas sendiri dan kelenjarnya akan nutup sendiri.

Pengandaiannya seperti kalau kita mengganjal pintu. Misalnya, kita habis masak dan satu rumah jadi bau asap. Untuk ngeluarin asap itu, kita buka pintu rumah lebar-lebar dan ganjel pintu pakai kursi atau apa pun yang bisa bikin si pintu ga nutup sendiri. Nah, si asap itu ibaratnya nanah si tumor, pintu itu adalah si kelenjar bartholin, dan si kursi dll adalah jahitannya. Kalau kursinya diambil atau ngga sengaja jatuh/kegeser, pintu secara otomatis akan nutup. Kira-kira begitu pengandaiannya.

Saya butuh waktu kira-kira 2 minggu untuk pulih total dan bisa jalan normal. Rasanya surga banget ketika bisa duduk dengan nyaman dan ngga lagi bikin abang ojek kehilangan keseimbangan karena saya ga bisa duduk diem.

FYI, kista bartholin ini bisa terulang lagi dan lagi. Apalagi kalau udah pernah kena, kemungkinan untuk kena lagi biasanya lebih besar. Cara mencegah si kista ini muncul adalah dengan menjaga area intim agar selalu kering. Pakai air bersih untuk basuh, sering ganti CD, pantyliner, dan pembalut. Oh ya, kalau terpaksa banget pakai fasilitas WC umum, pastikan dudukannya steril (bisa bawa cairan steril untuk dudukan kloset/alas dudukan kloset yg disposable), juga semprotan dan tisunya bersih! Karena kita ngga pernah tahu kan tingkat higienitas WC umum seperti apa. Better safe than sorry like me!

Salam,

Saya-yang-udah-ngerasain-kista-bartholin-dua-kali

 

 

11 thoughts on “Mengenyahkan si (Kista) Bartholin

Add yours

    1. Halo Chika, thanks udh mampir ke blogku 🙂

      Waktu itu aku operasi tahun 2017, ambil kelas 2, rawat inap slama 5 hari total 16 juta mba. Wkt itu aku ada demam pascaoperasi jd perawatannya lbh lama. Biasanya operasi ini paling 2-3 hr udh bs plg tergantung kondisi pasien ya. Wkt aku operasi yg pertama malah aku cm nginep semalam. Pagi operasi, bsk paginya udh plg. Biaya jg bergantung kelas yg diambil ya.. mkg kl pakai kls I atau VIP bs kena lbh mahal lg.

      Like

  1. Hai mbaa..
    Makasih sharingnya.
    Aku juga kena kista bartholini ini, sekitar 11 tahun lalu. Setelah melahirkan anak pertama. Dan sampai sekarang sudah sekitar 7 kali kambuh. Sekarang lagi kambung. Padahal 4 tahun lalu pernah operasi (sepertinya hanya insisi). 2 tahun kemudian kambuh tapi tidak sampai operasi (lagi). Dan sekarang kambuh lagi 😭😭. Sudah ke klinik dan diberi terapi antibiotik. Semoga manjur tanpa harus ada tindakan medis (operasi) 🙏🙏

    Like

    1. Hi mba april! Thanks for stopping by. Iya, wkt itu total 16jtan udh sama obat, biaya kamar kelas 2, biya operasi, dokter, dll.

      Waktu itu aku di ra carolus gading serpong mba.

      Like

  2. Senengvbgt da yg mau share pengalaman kaya begini. Saya juga mengidap hal yg sama mba.. Tpi ngga sempat jdi nanah gtu.. Hanya membengkak n risih kalau beraktifitas.. Menurut mbak yg udah pengalaman saya harus gimana? Soalnya saya takut bgt nih.. Bolak balik begini.. Sedih bgt rasanya..

    Like

  3. Aku juga pernah marsupialisasi sekitar th 2000-an (lupa pastinya)…One Day Care aja tapi bius total sama Dr. Ivan di Bunda Menteng, masuk jam 9 pagi dan jam 4.30 sore uda disuruh pulang, pas kebetulan bulan ramadhan lagi…setelah 7 thn sesuai perkiraan dokter, kista-nya kambuh lagi, kali ini pake ada nanahnya…Ya Allah itu ga enak banget dan sakitnya bikin ga bisa tidur, kepala spaneng, duduk sakit, berdiri ga enak, jalan ga nyaman, cuma bisa tiduran….dan skrg lagi kambuh lagi nih stelah 4 thn terakhir aman…kl yg skrg ga sakit tapi cepat membesar hiks…total kambuhan uda ada 3x sejak marsupialisasi

    Like

    1. Halo Mba Septi..

      Terima kasih ya sudah mampir ke blogku..

      Iya.. penyakit ini memang sakitnya luar biasa ya.. sampe bikin sakit kepala. 😩

      Semoga benar2 sembuh dan ngga pernah balik lagi ya.. better cek ke dokter biar ngga sampai bernanah krn akan makin sakit dan harus operasi (lagi).

      Sehat selalu ya mba.. 😊

      Like

  4. Hai kakkk! Aduh aku aku ngeri jadinya. Aku juga ngidap kista ini, mulai awal 2014 cuma pecah nanah terus dinyatakan bersih sama obgyn, kambuh lagi 2015 dan pecah gitu aja dan dirawat di rumah doang sama orangtua. Eh 2016 kambuh lagi akhirnya nyerah gatahan sakit gini, dianjurin dokter operasi biar ga kambuh dan sembuh total. Trus jalani operasi sehabis itu udah seneng ga kambuh kambuh. Dan 2019 tepatnya awal juli ini kemarin kambuh lagi nyeri jendol dan pecah nanah sama darah, belum sempet cek dokter karna terhalang biaya dan masih sibuk mikirin kuliah di perantauan. Jadi sedih kalo baca gabisa sembuh, padahal ku juga orangnya ga jorok soal daerah kewanitaan, pake cd aja bisa sehari 4 kali ganti huhu 😦

    Like

  5. Thanks kak udah sharing pengalamannya.. Mau sharing juga..Baru 23 Juli 2019 lalu aku operasi Marsupialisasi Kista Bartholin di Mitra Bekasi, biaya yang dikeluarkan sekitar 5jt untuk ODC (One day care) di kamar bersalin dan bius total. Operasi jam 1 siang, jam 8 malem sudah boleh pulang, dan alhamdulillah bisa langsung jalan dan gak begitu sakit karena lebih sakit sebelum kistanya dioperasi 😦
    Sampe hari ini (2 minggu pasca operasi) jahitannya belum lepas, bagian yg bekas kistanya kalau dipegang masih agak keras, tapi ga ada komplikasi apa-apa sih..cuma memang di minggu pertama masih sering keluar cairan keruh campur darah cukup berbau, sekarang udah engga keluar lagi cairannya. Penyebabnya kayanya sih karna aku sebelumnya cukur habis bulu kemaluan sampe bener2 aku kerok 😦
    Semoga ga ada kambuh lagi deh ya…

    Sehat selalu buat kita semua

    Like

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑